Seiring dengan perkembangan industri dan peningkatan populasi penduduk di Indonesia, maka diperlukan sebuah jaminan ketersediaan pangan sebagai salah satu fundamental dalam pembangunan di bidang sosial secara merata dan menyeluruh. Penerapan sertifikasi keamanan pangan yang paling banyak di terapkan di Indonesia yaitu ISO 22000. Namun, saat ini telah berkembang sertifikasi lainnya dan digunakan secara internasional sebagai standar mutu ketahanan dan keamanan pangan hadir dari negara Inggris dengan nama British Retail Consortium (BRC) yang dibentuk pada tahun 1992. 

Apa Itu BRC?

BRC merupakan asosiasi perdagangan ritel terkemuka di Inggris yang telah diakui sebagai standar keamanan pangan secara global di seluruh dunia. BRC hadir sebagai jawaban terkait standar keamanan pangan yang difokuskan untuk penyalur produk pangan baik segar maupun olahan yang diperdagangkan di bawah merek perusahaan maupun merek milik retailer seperti supermarket dan minimarket. Penilaian standar BRC kini diakui sebagai standar global dan terdapat sekitar 25.000 pabrik yang memiliki sertifikasi BRC. Auditor BRC hingga saat ini telah mencapai 1.750 yang tersebar di berbagai negara di dunia dan 95 lembaga sertifikasi BRC terdaftar yang tersebar di berbagai negara. Sertifikasi BRC umumnya dilakukan dengan penilaian dari pihak ketiga terhadap persyaratan standar oleh badan sertifikasi yang telah memiliki akreditasi sangat baik.

Standar mutu keamanan pangan BRC dikelompokkan menjadi enam jenis standar yaitu BRC Keamanan Pangan, Produk Konsumen, Kemasan dan Bahan Pengemas, Penyimpanan dan Distribusi, Agen dan Broker, dan yang terkini dikembangkan dari tahun 2016 yaitu BRC Ritel. Berbagai program dalam BRC nantinya akan mewajibkan seluruh pemasok untuk menjalankan seluruh aktivitas sistem keamanan pangan yang terstandar. Dengan demikian akan tercipta sistem keamanan pangan yang terintegrasi dalam memastikan seluruh pemasok yang ada dalam memastikan perusahaan telah memenuhi program keamanan pangan tersebut.

Baca juga: Ketahui Klaim Gizi dan Klaim Kesehatan | Blog IPB Training

Perbedaan Persyaratan Utama BRC pada Issue 9 dan Issue 8

Pada Agustus 2022 BRC menerbitkan BRC Global Standard for Food Safety issue 9, dimana standar ini akan digunakan sebagai pedoman ketika proses audit sertifikasi BRC yang dimulai pada 1 Februari 2023. Asep Rusmana selaku praktisi keamanan pangan menuturkan bahwa pada issue 9 BRC berisi sejumlah perubahan signifikan dan lebih terperinci dibandingkan dengan issue 8, edisi baru ini akan menekankan pokok-pokok kunci untuk memastikan penerapan standar secara global. 

“Beberapa penekanan dalam issue 9 ini di antaranya pertama terkait budaya mutu dan keamanan pangan. Kedua, tentang prinsip-prinsip HACCP dari Codex Alimentarus yang saat ini akan berdampak pada revisi beberapa klausa dalam edisi baru. Ketiga, lebih mempertegas dalam sistem manajemen penerapan. Dalam issue 9 akan dipertegas mengenai audit internal dan  food security yang tidak hanya sekedar keamanan pabrik namun juga keaslian produk untuk sampai pada konsumen,” ujar Asep Rusmana. 

Keuntungan Penerapan BRC Global Standard for Food Safety 

 

Suatu industri yang menerapkan BRC akan mendapatkan keuntungan dalam segi kemudahan proses pemasaran produk di pasar global dan efisiensi produksi dan pengurangan biaya. Asep Rusmana menjelaskan bahwa berkat standar keamanan pangan BRC akan memberikan keuntungan dalam segi legalitas, teknis, dan finansial bagi pemasok pangan yang akan beroperasi pada pasar yang kompetitif. Dokumen sertifikasi BRC yang detail akan memberikan bukti bahwa pemasok menyediakan produk yang aman, legal dan berkualitas sesuai dengan standar. Berkat audit internal dan eksternal dan tindakan korektif, perusahaan membentuk sistem keamanan pangan, kualitas produk, dan sistem kebersihan yang terus berkembang

Selain itu juga, berkat pengukuran dan kriteria evaluasi yang berlaku di sektor pangan, maka akan membuat perusahaan di seluruh rantai pasok dalam melakukan penilaian bersama dengan produsen dan pengecer makanan. Sehingga industri akan mendapatkan keuntungan kompetitif yang signifikan baik di pasar domestik maupun global, serta menjadikan daya saing perusahaan menjadi meningkat. (Adelia Margareta)

Penasaran dan ingin lebih jauh mengenal proses sertifikasi BRC? Ikuti pelatihan BRC terdekat di IPB Training

Gambar :  Tranferencia.tec dan harmony.co.id