Aktivitas kursus dan tes di ILA

Perpindahan aktivitas pembelajaran keterampilan bahasa dari Unit Pelatihan Bahasa IPB ke IPB Training kini mulai dirasakan geliatnya. Setelah meluncurkan brand IPB Language Academy (ILA), IPB Training mulai menjalankan beberapak aktivitas baik bersifat kursus maupun tes.

Baca juga: IPB Language Academy, tempat belajar bahasa dan budaya

ILA saat ini sedang menyelenggarakan program kursus penulisan ilmiah dalam Bahasa Inggris (academic writing) bagi mahasiswa pascasarjana asal Timor Leste yang telah dimulai sejak April lalu dan akan berakhir pada Juli 2021. Terdekat, ILA juga akan melaksanakan English Proficiency Test (EPT) bagi civitas akademika IPB University pada 22 Juni 2021 (daftar di sini). Tes ini akan dilaksanakan secara offline di Kawasan sains dan teknologi IPB Taman Kencana.

EPT merupakan test yang dikembangkan secara internal oleh tim ahli bahasa IPB University yang terdiri dari Dra Alfa Chasanah MA, Dra Tatie Soedewo MA, Drs Thonthowi Djauhari MA, dan Dra Irma R G Barus MA. EPT dikembangkan untuk memfasilitasi kebutuhan tes penempatan (placement test) mahasiswa baru IPB University serta mengakomodir kebutuhan pengakuan keterampilan bahasa sebagai persyaratan seminar tugas akhir.

Penyediaan tes berlisensi internasional

Sebagai salah satu rujukan program keterampilan bahasa di Bogor, ILA saat ini sedang menyiapkan diri untuk dapat menyelenggarakan berbagai tes berlisensi. Pada 15 Juni 2021 lalu, ILA telah menjalani proses audit sebagai lokasi penyelenggaraan tes IELTS (International English Language Testing System). Hadir sebagai auditor Puspita Sari Ningrum sebagai IELTS Administrator IALF Jakarta.

tes ielts

Dalam kunjungannya, Puspita menyampaikan bahwa saat ini Bogor tidak memiliki test venue sendiri. Sehingga seringkali kandidat tes IELTS harus mengikuti tes di Jakarta. Ditambah lagi selama pandemi COVID-19 test venue di Depok juga turut tidak beroperasi. Karenanya, keberadaan test venue yang nantinya akan dikelola oleh ILA diharapkan akan dapat membantu memudahkan para kandidat.

Kelebihan lokasi tes di IPB Language Academy

Puspita juga menambahkan, lokasi tes yang dimiliki oleh ILA, yakni di Kawasan Taman Kencana IPB juga dinilai memiliki suasana yang sangat mendukung. Mulai dari lokasi yang jauh dari hiruk pikuk jalan raya dan dipenuhi dengan pepohonan rindang hingga tersedianya fasilitas yang lengkap.

“Bagusnya untuk tes di Taman Kencana, peserta mungkin bisa merasakan suasana tes sembari rekreasi ya, karena di sini masih asri. Peserta juga akan sangat terbantu dengan mudahnya mengakses ruang tunggu, toilet hingga musholla. Karena kami sering menemukan test venue yang jarak antara ruang tes, tempat penitipan barang dan toilet cukup jauh. Hal itu tentu merugikan para kandidat yang biasanya sangat concern dengan waktu,” Imbuhnya.

dokumentasi auditSecara umum IALF sebagai salah satu official test center yang memiliki lisensi dari Cambridge University menyambut baik jika nantinya ILA akan dapat menyelenggarakan tes IELTS di Bogor. Selama proses audit, Puspita melakukan pemeriksaan semua elemen dalam ruangan tes mulai dari fisik bangunan, kelengkapan fasilitas sesuai persyaratan hingga kualitas sound system untuk keperluan listening test. “Secara umum fasilitas yang tersedia sudah memenuhi persyaratan yang diajukan,” ujar Puspita. Karenanya dalam waktu dekat IALF akan segera melakukan penilaian bersama manajemen untuk menetapkan status hasil audit yang telah dilakukan.

Pengembangan ke depan

Secara terpisah, koordinator ILA, Sa’adatul Khoiriyah SE menyatakan harapannya semoga fasilitas yang dimiliki oleh ILA dapat mendukung pelaksanaan tes IELTS dengan baik. Sehingga apabila nantinya tes IELTS dapat diselenggarakan di Bogor akan dapat memudahkan para kandidat yang membutuhkan tes IELTS untuk keperluan beasiswa maupun untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Direktur IPB Training, Muhammad Sigit Susanto MM, juga berharap ke depan ILA akan dapat terus melengkapi portofolio programnya. “Selain menyiapkan berbagai kursus untuk Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), Jerman, Jepang, Mandarin dan Perancis, insyaAllah kami juga akan menyelenggarakan berbagai tes baik untuk keperluan internal IPB maupun masyarakat umum”.

Diketahui bahwa selain mengupayakan untuk menjadi test venue IELTS, saat ini ILA tengah mengupayakan agar juga menjadi test venue untuk TOEFL (Test of English as a Foreign Language) dan TOEIC (Test of English for International Communication) di Bogor. Hal tersebut ditujukan agar ILA dapat menyediakan paket lengkap tes dengan lisensi internasional bagi para pelanggan baik perorangan maupun korporasi dan instansi pemerintahan maupun pendidikan.

Sumber gambar:
1. IELTS Asia
2. Nguyen Dang Hoang Nhu