IPB Language Academy (ILA) harus tumbuh lebih besar dan terus berkembang serta memberikan manfaat bagi civitas akademika IPB University maupun bagi masyarakat umum. Hal tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Erika Budiarti Laconi, MS selaku wakil rektor bidang inovasi dan bisnis IPB University dalam momen soft launching ILA. Kegiatan tersebut dilangsungkan secara sederhana di kawasan sains dan teknologi IPB Taman Kencana. Lebih lanjut, Prof Erika menyampaikan agar nantinya ILA akan terus melengkapi portofolio keterampilan bahasa yang dapat disediakan meliputi Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA), Jepang, Jerman, Mandarin, Korea dan Perancis.

Dalam kegiatan ini turut hadir Dr. Ir. Nurhayati, M.Sc, direktur administrasi pendidikan dan penerimaan mahasiswa baru. Dr Nurhayati menyambut gembira hadirnya kembali kegiatan kursus dan tes bahasa di IPB dan menyatakan siap berkolaborasi dalam rangka mendukung kebutuhan akademik di lingkungan IPB University. Beliau menambahkan program bahasa bagi mahasiswa secara tidak langsung berpengaruh terhadap pemeringkatan perguruan tinggi dalam konteks penilaian saat adanya kompetisi dari DIKTI serta sangat mendukung proses pertukaran pelajar.

IPB Language Academy (ILA)

Dalam rangka memperkuat daya saing dan meningkatkan value proposition diperlukan sentuhan sistem dan teknologi informasi dalam pengelolaan organisasi. Hal tersebut disampaikan oleh Ir Julio Adisantoso, MKom, direktur sistem informasi dan transformasi digital (DSITD). Karenanya, DSITD akan memberikan dukungan yang diperlukan dalam konteks infrastruktur digital, sehingga proses pembelajaran dan tes akan dapat berjalan lancar

Dukungan juga disampaikan oleh para expert yang terlibat. Dra Alfa Chasanah menyambut dengan bahagia keberadaan IPB Language Academy. Keberadaan ILA dinilai bukan hanya akan dapat membantu mahasiswa dalam belajar bahasa asing, namun juga akan membantu meringankan tugas para dosen melalui pelaksanaan placement test bagi mahasiswa baru.  Secara pribadi beliau juga sangat senang karena akhirnya IPB dapat menjadi test venue resmi IELTS di Bogor. Sebagai tambahan beliau menyarankan agar selanjutnya manajemen ILA dapat membuka kembali model kemitraan dengan berbagai kedutaan yang relevan, khususnya terkait penyediaan native speaker sebagai pengajar. 

baca juga: Segera dibuka, IELTS test venue satu-satunya di Bogor!

Direksi PT Bogor Life Science and Technology diwakili oleh Ir Hanan Utoro, menyatakan kesiapannya dalam mensukseskan harapan dan ekspektasi para stakeholder. Sebagai perusahaan induk yang dimiliki oleh IPB University, BLST telah menyiapkan ruang yang didedikasikan khusus untuk keperluan kursus maupun tes bahasa. Sementara itu, Direktur IPB Training, Muhammad Sigit Susanto, MM, menyatakan bahwa ILA akan fokus menyediakan solusi bagi pelanggan dalam bentuk berbagai kursus bahasa. Kursus tersebut nantinya akan dilaksanakan secara reguler maupun dalam bentuk-bentuk khusus, berupa kursus privat maupun program tailor made. Selain itu ILA juga akan menyediakan beragam bentuk tes mulai dari English Proficiency Test untuk keperluan placement test serta exit test, hingga tes berlisensi internasional seperti IELTS, TOEFL IPT, TOEFL IBT dan TOEIC. (Sa’adatul Khoiriyah)

Temukan berbagai program kursus bahasa dan tes terdekat pada tautan berikut:

  1. Kursus Bahasa
  2. Tes bahasa