Apa itu front office management?

Front office merupakan manajemen bagian depan yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Orang yang bekerja pada manajemen ini adalah orang pertama dan terakhir yang bertemu dengan pelanggan. Walaupun terlihat biasa saja, pekerjaan management front office memiliki peran yang penting pada suatu instansi, termasuk klinik hewan. Bagian manajemen ini yang bekerja di klinik hewan tidak hanya berinteraksi dengan client, tetapi juga hewan yang dibawa oleh mereka.

Pengelolaan terhadap aktivitas front office sangat penting sebab pada bagian ini kesan pertama terhadap layanan klinik hewan ditentukan oleh pelanggan. Selain aspek keramahtamahan, pemahaman petugas front office terhadap struktur organisasi, proses bisnis serta pemahaman produk dan layanan (product knowledge) sangat penting dalam menunjang aktivitas layanan pelanggan.

BAca juga: Pentingnya penanganan (handling dan restrain) pada anjing dan kucing

Peran front office klinik hewan

Front office adalah komponen penting untuk klinik hewan.  Client dan hewan (pasien) menemui bagian ini saat pertama kali ketika memasuki klinik. Oleh karena itu, orang yang bekerja pada bagian ini harus dapat menghadapi kedua jenis pengunjung tersebut dengan baik,” jelas drh. Tetty Barunawati Siagian, M.Si., dosen di Program Studi Paramedik Veteriner Sekolah Vokasi IPB.

drh Tetty juga menambahkan bahwa manajer front office pada klinik hewan seharusnya memiliki pemahaman terhadap kesehatan hewan, memiliki karakter menyayangi hewan, dan bersikap ramah tamah terhadap hewan serta pemiliknya (client). Ramah tamah yang dimaksud termasuk hal-hal terkecil, seperti biasa melempar senyum yang ramah dan dapat mengingat nama client serta hewannya. Hal-hal tersebut penting karena management front office merupakan garda terdepan yang menentukan kepercayaan client dan kesuksesan klinik hewan.

Baca juga: Menjaga kesehatan kulit anjing dalam canine dermatology

Mengapa Harus Ada Management Front Office di Klinik Hewan?

Banyak klinik hewan yang terlihat bagus, tetapi tidak memiliki pelanggan atau pasien tetap. Hal tersebut dapat terjadi karena klinik tersebut tidak memiliki front office management yang baik, sehingga client merasa tidak nyaman untuk membawa hewan kesayangannya ke sana.

handling kucing

Hal ini menggambarkan bahwa klinik tidak cukup hanya memiliki dokter hewan yang terampil, berpengalaman dan profesional. Namun juga perlu dukungan peralatan medis yang lengkap, fasilitas yang memadai, serta front office management yang baik. Front office yang dikelola dengan baik diharapkan akan meningkatkan tingkat afeksi antara klinik dan pelanggan sehingga tercipta hubungan saling menguntungkan dalam jangka panjang.

Ingin belajar tentang pengelolaan front office atau keterampilan paramedik veteriner lainnya? Ikuti berbagai kursus paramedik veteriner di IPB:

  1. CPD Online Management Front Office pada Klinik Hewan
  2. Paramedis:Skill Emergensi pada Hewan Kecil
  3. CPD Online Paramedis: Tata laksana persiapan pre dan post operasi
  4. Paramedis: Tata laksana pengambilan sampel
  5. Paramedis: Tata Laksana Handling dan Restrain
  6. Paramedis: Tata Laksana Pasien Rawat Inap
  7. CPD Paramedis: Handling dan Restrain pada exotic Pet
  8. Paramedis: Tata Laksana Pre-Anesthesi, Peri-Anesthesi dan Post Anesthesi

Gambar:

  1. Martha Dominguez de Gouveia
  2. Werzk Luuu