Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (FKH IPB) berkolaborasi dengan Asosiasi Rumah Sakit Hewan Indonesia (ARSHI) dan IPB Training serta didukung oleh Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI)  akan menyelenggarakan The 3rd Indonesia Animal Hospital and Clinic Expo (INAHEX) 2021 pada tanggal 2 – 11 November 2021 yang akan dilaksanakan secara online. INAHEX 2021 mengusung tema “Improving the quality of veterinary services in pandemic and 4.0 era”.

 

Rangkaian kegiatan

Program INAHEX 2021 akan dibagi menjadi beberapa sesi, yaitu International Seminar, Continuing Professional Development (CPD), Affiliate Group Session, Online Expo and Exhibition Stream, On Demand Course, dan International Competition. Adapun seluruh informasi terkait kegiatan ini dapat di lihat/diunduh melalui website: https://inahex.com/.

Kegiatan seminar internasional ini dapat diikuti oleh seluruh peserta selama 4 hari yaitu sejak tanggal 6 – 9 November 2021. Kegiatan seminar akan menghadirkan beberapa pembicara internasional di antaranya

  1. Sebastian H. Bauquier, DVM, MANZCVS, DACVAA, PhD
    menyampaikan materi: Geriatric Anasthesia “Age is not disease but ….”
  2. Rita Chang, DVM, PhD
    menyampaikan materi: Diagnostic tools for evidence based veterinary medicine.
  3. Prof. Takuya Mizuno, DVM, PhD, DAiCVIM
    menyampaikan materi: Oncology therapy and technology in small animal medicine.
  4. Teerapol Tum Chinkangsadarn DVM
    menyampaikan materi: The newest technology in dental examination of large animal.
  5. Dr Paolo Marteli
    menyampaikan materi: The development of zoo and wildlife animals medicine in the global trend.

Kegiatan kursus keprofesian/Continuing Professional Development  (CPD) akan diselenggarakan dengan beberapa topik kegiatan yaitu:

  1. CPD Surgery on exotic pets: reptiles,
  2. CDP Tumor therapy approaches: introduction, chemotherapy and cell therapy,
  3. CPD Veterinary paramedic skills,
  4. CPD Imaging technology for tooth extraction,
  5. CPD Small animal orthopedic (basic).

Selain kursus secara synchronous, panitia juga menyiapkan berbagai kursus online yang dapat diakses kapan saja (On Demand Course).

Baca juga: Menjaga kesehatan kulit anjing dalam canine dermatology

 

Virtual Expo

Seluruh kegiatan Expo and Exhibition akan diselenggarakan secara virtual yang dikembangkan dengan sistem virtual booth serta dilengkapi e-catalog berbentuk e-commerce. Kegiatan expo terkait bidang kedokteran hewan ini merupakan yang pertama kali diadakan di Indonesia secara virtual.

Di dalam kegiatan expo ini akan dilakukan pameran dari berbagai perusahaan di bidang alat-alat medis, obat, pakan dan lainnya. Selain itu, pameran juga dilakukan oleh berbagai rumah sakit dan klinik hewan anggota ARSHI, seluruh Fakultas Kedokteran Hewan di Indonesia (AFKHI), PB PDHI dan lainnya.

Kegiatan expo juga dapat dikunjungi oleh masyarakat umum yang tertarik untuk mencari informasi seputar kesehatan hewan peliharaannya. Bagi masyarakat yang hendak berkunjung tidak dikenakan biaya dan dapat mengakses pameran pada tanggal 2-11 November 2021 pada laman https://expo.inahex.com/.

 

Ajang pertemuan stakeholder bidang kedokteran hewan

Di dalam kegiatan INAHEX 2021 ini juga terdapat sesi diskusi bersama antara organisasi-organisasi kedokteran hewan, rumah sakit hewan dan instansi terkait dalam membahas isu yang sedang berkembang terkait kedokteran hewan, maupun pengembangan keilmuan kedokteran hewan. Peserta INAHEX 2021, juga dapat mengikuti kegiatan International paper competition, yang menyediakan kesempatan bagi setiap peserta untuk mempresentasikan hasil-hasil penelitian yang dilakukan.

Kegiatan INAHEX 2021 diharapkan dapat menjadi wadah bertukar informasi bagi seluruh stakeholder kedokteran hewan. Selain itu INAHEX diharapkan menjadi katalisator peningkatan kerjasama dan peningkatan kemampuan serta pengetahuan peserta terkait keilmuan dan teknologi di bidang kedokteran hewan. (Drh Supriyono)