Peran penting dari pengambilan keputusan dalam manajemen rantai pasok

Rantai pasok merupakan rangkaian kegiatan dalam proses pergerakan produk atau komoditas dari pemasok hingga konsumen. Rangkaian kegiatan tersebut meliputi koordinasi, penjadwalan dan pengendalian. Rantai pasok pada umumya terdiri atas organisasi, sumber daya manusia, aktivitas, informasi, dan sumber-sumber daya lainnya yang berpengaruh terhadap pengadaan, produksi, persediaan dan pengiriman produk ataupun layanan jasa. Tingkat keberhasilan dari berjalan baiknya rantai pasok sangat dipengaruhi oleh teknik yang digunakan dalam pengambilan keputusan dalam rangkaian kegiatan ini.

Prof. Dr. Ir. Marimin, M.Sc menyebutkan bahwa teknik pengambilan keputusan sangat berperan pada rantai pasok pada umumnya, termasuk rantai pasok komoditas dan produk pertanian. Misalnya, untuk pemilihan pemasok yang tepat, jalur, dan moda transportasi. Kesalahan keputusan akan berdampak besar pada efektifitas dan efesiensi rantai pasok. “Keputusan yang tepat akan dapat meningkatkan kinerja, nilai tambah dan mengurangi risiko,” tambah Prof Marimin.

 

Adakah alat analisis yang dapat digunakan untuk membantu pengambilan keputusan?

Beberapa aplikasi dan model dalam rantai pasok kini dikembangkan sebagai alat bantu pengambilan keputusan dalam penentuan atau penilaian kegiatan rantai pasok. Sebagai contoh terdapat Supply Chain Operation Reference (SCOR) untuk penilain kinerja. Selain itu, tersedia pula Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk pembobotan elemen kinerja rantai pasok. Teknik AHP dapat dilengkapi dengan aplikasi Super Decision yang mudah digunakan. Tidak ada batasan dalam menginput kriteria dan alternatif. Sementara itu hasil akhir ditampilkan dalam bentuk grafik sehingga dapat memudahkan pengguna untuk melihat dengan lebih detail perbandingan antara setiap kriteria dan alternatif.

 

Komoditas atau produk apa saja yang dapat dianalisis dengan tools tersebut?

bawang

Prof Marimin menyatakan bahwa teknik pengambilan keputusan dengan tools pendukungnya bersifat generik yang dapat digunakan untuk menganalisis rantai pasok berbagai macam produk. Setiap produk dapat dianalisis pengambilan keputusan serta manajemennya menggunakan aplikasi dan model yang sesuai. (Muhammad Faig H)

Ingin belajar tentang metode dan alat bantu untuk pengambilan keputusan rantai pasok produk pertanian? Yuk ikuti pelatihan berikut:

Online Course Aplikasi Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok Komoditi dan Produk Pertanian

Gambar:
1. Red Zeppelin
2. Mufid Majnun